Pendidikan Nilai dalam Era Pluralitas

Ruslan Ibrahim *)

*) Penulis adalah alumni Jurusan Tarbiyah STAIN (sekarang IAIN Mataram). Menyelesaikan Program Magister Konsentrasi Pemikiran Pendidikan Islam di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan pada tempat yang sama, sekarang sedang menempuh Program Doktor Konsentrasi Studi Islam.

Abstract:

Values education is activity which help students in order that they have instruction which determine all of their actions. Values education is considered urgent in education activity. It is purposed to build social solidarity, especially in religion and cultural plurality era. The reality of social, religion, and cultural conflict, showed education functions as transfer of moral values still optimal yet. Therefore, values education include moral training must be aplicated to help students be up against social problems in their life.

Keywords: values education, plurality, moral training, social solidarity.

 

Pendahuluan

Hubungan antara nilai dengan pendidikan sangat erat. Nilai dilibatkan dalam setiap tindakan pendidikan, baik dalam memilih maupun dalam memutuskan setiap hal untuk kebutuhan belajar. Melalui persepsi nilai, pendidik dapat mengevaluasi peserta didik. Demikian pula peserta didik dapat mengukur kadar nilai yang disajikan pendidik dalam proses pembelajaran. Masyarakat juga dapat merujuk sejumlah nilai (benar-salah, baik-buruk, indah-tidak indah) ketika mereka mempertimbangkan kelayakan pendidikan yang dialami anaknya.

Lembaga pendidikan memiliki tugas mempersiapkan terbentuknya individu-individu yang cerdas dan berakhlak mulia. Terpenuhinya kedua kriteria itu memungkinkan terwujudnya nilai kehidupan sosial yang ideal, yang memiliki semangat kebersamaan, menghindari konflik sosial, mengembangkan potensi diri, dan memanfaatkannya untuk mencapai kebahagiaan lahir dan batin, serta keselamatan umat manusia pada umumnya.1

Hal tersebut menunjukkan bahwa peran pendidikan dalam pembentukan dan penanaman nilai terhadap peserta didik sangat menentukan kehidupan mereka. Tanpa pendidikan, nilai sangat sulit untuk ditemukan atau didapatkan. Oleh karena itu, fungsi pendidikan adalah untuk menanamkan nilai-nilai (yang baik) kepada peserta didik (bukan hanya transfer pengetahuan) sebagaimana yang popular selama ini. Pengetahuan tanpa memahami nilai cenderung melahirkan konflik, baik antar-kelompok agama, budaya, wilayah, maupun antar-institusi.2

Baca selengkapnya:1-pendidikan-nilai-dalam-era-pluralitas-ruslan-ibrahim

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: