Penggunaan Komputer sebagai Media Pembelajaran di Perguruan Tinggi

Maria Ulpah *)

*)Penulis adalah Sarjana Sains (S.Si.), dosen STAIN Purwokerto.

Abstract

Although computer has been used in into the educational world since along ago, it is not intensively used as media in learning process at university. It usually used as media in learning process only for computer lesson. If its functions in a larger as media in learning process of other lessons, it hopefully became an alternative way to improve the quality of learning at university.

Keyword: computer, media, and learning process.

 

Pendahuluan

Media pembelajaran adalah alat bantu yang digunakan dalam proses pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pengajar, peserta didik, dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampai pesan atau media. Jadi, sebagai alat bantu, media mempunyai fungsi melicinkan jalan menuju tercapainya tujuan pembelajaran.

Kegiatan belajar peserta didik dengan bantuan media akan menghasilkan proses dan hasil belajar yang lebih baik daripada tanpa bantuan media. Dengan media diharapkan terjadi interaksi antara dosen dengan mahasiswa secara maksimal sehingga dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan tujuan.Tidak ada ketentuan kapan suatu media harus digunakan, tetapi sangat disarankan bagi para dosen untuk memilih dan menggunakan media dengan tepat. Penggunaan media pembelajaran yang tidak tepat akan menyebabkan mahasiswa salah paham terhadap pokok bahan ajar yang diberikan dan menghalangi mereka untuk mencapai hasil belajar seperti yang diinginkan.

Dalam pemilihan dan penggunaan media harus mempertimbangkan: kesesuaian media dengan materi yang akan dibahas; Oleh karena media pembelajaran amat menentukan hasil proses pendidikan, maka manusia secara terus menerus memperbaiki media pembelajaran. Dari yang paling sederhana, dengan menggunakan media tulis yang terbuat dari batu, dimanfaatkannya papan tulis pada pertengahan abad XIX, penggunaan radio pada awal abad XX, hingga penggunaan  (OHP), dan komputer. Televisi sebagai media pembelajaran pun sudah dikenal dan dipergunakan saat ini, misalnya pada acara perkuliahan Universitas Terbuka (UT). Papan tulis adalah media yang hampir selalu digunakan oleh semua dosen dan selalu ada di setiap ruang, di perguruan tinggi manapun. Selain papan tulis, OHP juga umum digunakan di dalam proses perkuliahan atau pelatihan.

Baca artikel selengkapnya: 4-penggunaan-komputer-maria-ulpah

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: